Selasa, 07 Agustus 2012

Solusi Perbedaan Adat pada Batak-Toba


Bagian Keempat (Habis) 

Perbedaan ulaon adat jolma namangolu dohot jolma na monding. 

Secara garis besar bahwa bentuk, jenis dan macam adat Batak-Toba ada 2 (dua) yakni; ulaon adat untuk orang hidup (baca: ulaon adat jolma na mangolu), dan ulaon adat orang meninggal (baca: ulaon adat jolma na monding).

Ulaon adat orang hidup seperti Marupa-upa (ulaon marhesek-hesek, marebat-ebat, ulaon tardidi, ulaon malua, ulaon tamat sian singkola, ulaon dapot karejo, ulaon dapot jabatan, dohot na asing), Mangupa ( malua sian parmaraan, tarsonggot, mulak anak na mago), mangompoi sibagandingtua, manulangi tulang paborhat laho mangoli, marunjuk/mangadati/ pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok, manjalo ulos matua dan lain sebagainya.
  
Ulaon adat orang meninggal (baca: ulaon adat jolma na monding) seperti; tilahaon (tilahaon dakdanak, tilahaon doli-doli/anak boru, tilahaon naung marruma tangga), mate ponggol, mate maninggalhon sapsap mardum, mate mangkar, monding sarimatua, monding sautmatua, monding maulibulung), mangogkal holi/saring-saring. 

Pada Batak-Toba ada ungkapan “Sai jumolo ma na matua dipajolo” artinya, sebaiknya orang tua lebih duluan meninggal daripada anak-anaknya.

Permintaan seperti itu adalah manusiawi sedangkan yang menentukan siapa duluan meninggal adalah otoritas mutlak Tuhan Yang Maha Kuasa sebab “Ndada simanuk-manuk sibontar andora, ndada sitodo turpuk siahut lomo ni roha”. ”Timbo dolok martimbang hatubuan ni simarhera-hera, Debata parbanua ginjang ido manontuhon suhat-suhat ni hosa ni jolma manisia”. 
Bila orang tua memberangkatkan anaknya atau anaknya duluan meninggal dari orang tua maka orang tua itu disebut “Tilahaon Sorimatua”.

Dan “Tilahaon Sorimatua” adalah kesedihan besar (baca: sitaonon na dokdok) bagi seorang orang tua pada Batak-Toba. 
Yang sering menjadi permasalahan akibat perbedaan adat adalah ulaon adat pesta perkawinan (baca: marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok) dan ulaon adat Sarimatua, Saurmatua, dan Maulibulung. Sehingga perlu ditilik lebih mendetail makna sejati dari kedua jenis ulaon adat tersebut. 
Makna sejati dari ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok adalah membayar hutang (baca: manggarar utang) adat oleh pihak paranak kepada pihak parboru. 

Sehingga sebaiknya, ketentuan adat pihak parboru lah yang harus dituruti atau dipenuhi pihak paranak, bukan sebaliknya pihak paranak memaksakan ketentuan adatnya terhadap pihak parboru. 
Apakah tidak ganjil bila pihak berutang memaksakan kehendak kepada pihak berpiutang ? 

Sementara pihak paranak selalu mengatakan manggarar adat na gok (manggarar utang adat) kepada pihak parboru tetapi kenyataannya pihak paranak tidak mau memberikan ketentuan-ketentuan adat pihak parboru (baca: hula-hula) dengan alasan adat na masa di huta nami. 
Alasan adat na masa di huta nami adalah ketentuan lokal atau daerah bukan makna hakiki manggarar utang sehingga tidak cocok dijadikan alasan penolakan dalil, norma adat pihak parboru. 

Alibi seperti itu terlalu lemah, dan apabila dipaksakan maka dominasi pihak paranak kepada pihak parboru tampak dengan nyata. 
Dalam situasi kondisi demikian prinsip somba (baca: hormat) marhula-hula akan menjadi pertanyaan besar ! 
  
Dan salah satu Patik Batak adalah ”Na so jadi” marsomba sonduk ni hula-hula tu boruna. Artinya, tidak boleh memosisikan hula-hula dibawah dominasi boru walau dengan alasan apa pun.  
  
Pada ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok pihak parboru lah lebih diutamakan atau dihormati (baca: na niambangan) sedangkan unsur-unsur pihak paranak adalah merupakan bahagian pembayar hutang (baca: si garar utang) adat.
Kelompok pihak paranak (baca: suhi ni ampang na opat; paramaan, sihutti ampang, todoan, simolohon) dengan kelompok pihak parboru (baca: suhi ni ampang na opat; pamarai, tulang, todoan, pariban) atau sebutan lain berdasarkan daerah (baca: goar ni suhi ni ampang na opat di luat na be)  adalah bahagian tak terpisahkan prosesi adat memberi dan menerima (baca: mangalehon dohot manjalo) ketentuan-ketentuan adat pesta perkawinan. 
Pemahaman paripurna tentang makna sejati ulaon adat memudahkan mencari solusi perbedaan adat dengan baik dan benar. 

Sehingga tidak ditemui lagi persoalan penyelesaian perbedaan adat sekalipun melibatkan dua daerah berbeda adat. 
Sedangkan makna sejati ulaon adat orang meninggal (baca: ulaon adat ni na monding) bukanlah membayar hutang (baca: manggarar utang) adat kepada pihak hula-hula.

Melainkan ulaon adat partuat manang pasae ariari si meninggal tersebut. Sehingga penyebutan na niambangan pada ulaon adat orang meninggal sungguh tidak layak dan tidak lazim. 
Ulaon adat partuat atau pasae ariari bermakna menyelesaikan segala hal ikhwal hubungan adat (baca: na monding) dengan saparadatannya bukan kepada hula-hula ataupun tulang. Sebab aksioma adat Batak-Toba “Holi-holi dibondut, holi-holi diutahon”. 

Artinya, jika selama hidupnya si meninggal menerima ketentuan adat dari Dongan Tubu atau Dongan Saparadatan maka ketika si orang tua tersebut meninggal maka para anak-anaknya akan membayar hal yang sama kepada Dongan Tubu atau Saparadatannya itu.

Kalau tidak demikian maka si orang tua meninggal masih berutang adat kepada Dongan Tubu atau Dongan Saparadatannya. 
Hutang adat kepada hula-hula telah selesai ketika ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok sehingga ketika meninggal tidak lagi manggarar utang kepada hula-hula.
Sebab tidak ada dua kali manggarar utang adat (baca: marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok) kecuali dua kali kawin (baca: dua hali marhasohotan). 
Karena itulah makna ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok disebut membayar adat penuh (baca: manggarar adat na gok) pada Batak-Toba.
Pemberian (baca: pasahat) ulos saput atau ulos tujung/sampe tua dari hula-hula dan/atau tulang harus dimaknai kewajiban adat dari hula-hula kepada borunya atau dari tulang kepada berenya bukan hak. Sebab tanpa ulaon adat na gok partuat atau pasae ariari orang meninggal pun (baca: Mate Mangkar, Sarimatua, Saurmatua), hula-hula dan/atau tulang wajib memberikan ulos saput atau ulos tujung/sampe tua. 
Adakalanya seseorang meninggal bila dirunut dari sudut keturunan (baca: parpinomparon) sudah seharusnya marulaon na gok (Baca: Sarimatua, Saurmatua) pada saat meninggal dunia (baca: monding). 
Tetapi ketika si orang tua tersebut meninggal keadaan ekonomi para anak-anaknya tidak mampu (baca: marpogos) sehingga tidak bisa melaksanakan ulaon na gok partuat atau pasae ariari  orang tua pada saat itu juga.
Kondisi ekonomi tak mampu memaksa para anak-anaknya dan keluarga harus berjanji kepada Dongan Tubu atau Dongan Saparadatan akan melaksakanan adat na gok orang tuanya dikemudian hari. 

Janji adat seperti itu pada Batak-Toba disebut ”Mangema”. 
Karena itulah pada Batak-Toba bisa anak atau pahompu ketika meninggal membawa (baca: mamboanthon) adat na gok bapak/mamak/kakek/neneknya. 

Ai hansit do tangan mandanggurhon na so adong. 
Dan sangat tidak baik memaksakan diri hingga ” bintang na rumiris tu ombun na sumorop, jagal pe nunga hu bagi ris alai ianggo haumangku ingkon borot”. 

Ai tu ginjang ninna porda sai tu toru pambarbaran, sai tu ginjang ninna roha alai sai paturunhon do sibaran. 
Sude do jolma marsinta-sinta naeng gabe, mamora, sangap alai turpuk do sijaloon, bagian sipaimaon.

Artinya, semua manusia bercita-cita hebat dan terhormat tetapi tidak ada manusia yang mampu menolak takdir (baca: turpuk).  
Sedangkan pada ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok hula-hula menuntut hak adat atas perkawinan borunya kepada pihak paranak. 
Sebaliknya pihak paranak berkewajiban adat kepada pihak hula-hula karena anaknya mempersunting boru pihak lain. 

Karena itulah ada istilah na niambangan. 
Pemaknaan demikian memperjelas dan mempertegas perbedaan antara ulaon adat orang masih hidup dengan ulaon adat orang meninggal.
Selain daripada itu, pada ulaon adat marunjuk/mangadati/pasahat sulang-sulang ni pahompu huhut manggarar adat na gok bapak/ibu (baca: among/inong) nya lah manggarar adat anaknya atau hasuhuton.
Sedangkan pada ulaon adat meninggal (baca: Sarimatua, Saurmatua, Maulibulung) anak-anaknya lah yang membayar (baca: manggarar) adat partuat atau pasae ariari orang tuanya (baca: among/Inong). 
Karena itu lah menurut hukum adat Batak-Toba mengawinkan (baca: pangolihon, pamulihon anak/pahutahon boru) kewajiban dan tanggungjawab orang tua.

Sedangkan ulaon adat partuat atau pasae ariari orang tua adalah kewajiban dan tanggungjawab anak-anaknya. 
Penutup. 
Dengan memahami bentuk, jenis dan macam adat serta makna sejati dari ulaon adat tersebut dengan paripurna maka solusi perbedaan adat Batak-Toba akan relatif mudah ditemukan. 
Sebaliknya, tanpa pemahaman yang baik dan benar apalagi hanya dilandasi sebatas pernah dilihat (baca: Eme na masak digagat ursa, ima na masa ima taula) maka ketika terjadi interaksi adat dari daerah berbeda adatnya akan sulit menemukan solusi  permasalahan. 
Menggunakan ungkapan-ungkapan seperti “Sidapaot solup do na ro”, “Asing dolok asing do duhutna, asing luat asing do adatna” dan lain sebagainya tanpa memahami makna hakiki hanyalah alibi pembenaran dangkal yang tidak menyelesaikan permasalahan, malah memicu gesekan lebih jauh.
Menggali makna hakiki perhelatan (baca” ulaon adat) Batak-Toba merupakan salah satu upaya konkrit untuk meminimalisir perbedaan-perbedaan adat antar daerah sehingga interaksi adat dari daerah daerah berbeda tidak menjadi titik gesek atau titik bentur dalam pelkasanaan adat Batak-Toba. 
Ulaon adat harus mampu dijadikan wahana memperkuat harmoni kekeluargaan dan kekerabatan seperti ungkapan “Sinuan bulu sibahen na las, sinuan partuturan sibahen na horas” agar ulaon adat benar-benar mendatangkan kebahagiaan bagi seluruh pihak.
Dengan demikian, tudingan-tudingan miring dari pihak-pihak yang alergi atau ingin menghilangkan adat Batak-Toba bisa ditepis atau terbantahkan. 
Oleh sebab itu, segala bentuk gesekan, permasalahan, persoalan yang berpotensi mendegradasikan makna luhur adat harus dihindarkan dengan prinsip “Aek godang tua aek laut, dos ni roha do sibahen na saut”. 
Tulisan ini mengundang pembahasan lebih luas dan mendalam dari seluruh sidang pembaca yang budiman khususnya para tokoh-tokoh adat Batak-Toba agar ditemukan solusi ketika terjadi perbedaan adat sehingga perbedaan adat bisa diselesaikan dengan baik dan benar.
Horas! Horas ! Horas !
 Medan, 20 Juli 2012-07-28
Thomson Hutasoit.
Penulis : Direktur Eksekutif LSM Kajian Transparansi Kinerja Instansi Publik (ATRAKTIP), Wakil Sekretaris Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Sumatera Utara, Wakil Pemimpin Redaksi SKI ASPIRASI, Pemimpin Redaksi Harian DETEKSI, DETEKSINEWS.Com,  Penasehat Kordinator Wartawan Unit DPRD Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris Umum Punguan Borsak Bimbinan Hutasoit, Boru, Bere Kota Medan Sekitarnya, Wakil Sekretaris II Pomparan Toga Sihombing (PARTOGI) Medan Sekitarnya, Penasehat Punguan Toga Lumban Gaol Sektor Helvetia Medan, Penulis Buku Keluhuran Budaya Batak-Toba, tinggal di Medan.      
                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar