Senin, 17 Juni 2013

Filosofi Keong


Filosofi Keong
Oleh : Thomson Hutasoit
Direktur Eksekutif LSM Kajian Transparansi Kinerja Instansi Publik (ATRAKTIP)
Pendahuluan.
Filosofi Keong yaitu perilaku kemana pun pergi tidak lupa membawa rumah atau harta. Perilaku seperti itu  mencerminkan bahwa dimana pun berada selalu  melekat  dengan harta sebab si keong tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh harta kepunyaannya. Akan tetapi, penulis tidak tahu pasti apakah si keong memahami arti dan makna harta atau rumah yang selalu dibawa kemanapun ia pergi sebab si keong kelihatannya tidak tahu dimana harta atau rumahnya itu harus diletakkan.  Keong juga memiliki komunitas punyai filosofi yang sama yakni selalu membawa rumah kemana pun pergi seperti kura-kura, siput, kerang dan lain sebagainya. Keong sering juga dijadikan pameo bermakna negatif seperti sebutan ‘si keong kau…!!!’ terhadap seseorang bila tidak menunjukkan perilaku baik dan benar dalam interaksinya ditengah-tengah masyarakat.  
Keong bagi masyarakat petani sejenis wabah perusak hasil-hasil pertanian sehingga makhluk itu salah satu musuh petani yang harus dimusnahkan atau dibasmi selain hama wereng, tikus, belalang dan lain-lain. Tetapi belakangan ini keong telah dijadikan salah satu sumber protein karena katanya nih, hampir sama gizi dan lezat dengan kerang  sehingga selain dibenci juga disukai, eee…dasar keong !. Bahkan si keong telah merambah ke dunia selebritis, aktris serta dilantunkan oleh artis-artis di hotel berbintang, di panggung politik, perhelatan rakyat jelata dan lain-lain melalui lagu dangdut “Keong Racun”,  eee… lagi-lagi dasar keong…! merambah kemana-mana. 
Selain keong racun ada juga menyandang nama keong mas tapi apapun namanya keong tetaplah keong  tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh harta atau kepunyaannya. Perilaku seperti itu, banyak juga merasuki perilaku manusia pada era materialistis belakangan ini. Padahal sikap perilaku seperti itu bisa menimbulkan sifat sombong, angkuh, dengki, loba, serakah, dan lain sebagainya. Apalagi bila menumpuk harta atau kekayaan menjadi satu-satunya motif hidup. Menghalalkan segala cara untuk mendapatkan harta atau kekayaan mendorong seseorang melakukan tindakan koruptif, pelanggaran hukum, pengabaian etika, melacurkan harkat dan martabat  seperti menu-menu berita berbagai media di negeri ini. 
Keong racun, keong mas, di hotel berbintang, di panggung politik, di perhelatan rakyat jelata, di parit sekalipun atau  dimana berada tetap juga namanya keong. Demikian juga manusia dimanapun berada jika motif mengumpul harta atau kekayaan telah dijadikan satu-satunya falsafah hidup akan menghalalkan segala cara untuk mencapainya, tidak jadi soal apakah itu dari jalan halal atau haram, melanggar hukum, melanggar sumpah/janji jabatan, bahkan melacurkan diri sah-sah saja. Tindakan demikian sadar atau tidak telah merendahkan harkat dan martabat selaku makhluk beradab yang dianugerahi Tuhan intelektualitas supaya mampu membedakan mana yang baik dan buruk, mana yang boleh dan tidak, mana yang halal dan haram, dan lain sebagainya.  
Memiliki harta kekayaan bukanlah suatu kesalahan atau dosa tapi harta-harta itu hendaknya berasal dari jalan yang benar supaya harta dan kekayaan itu  meninggikan  harkat dan martabat kemanusiaan bagi pemiliknya serta pihak lain. Kasus-kasus korupsi yang menyeret petinggi-petinggi penyelenggara negara atau pemerintahan seperti menteri, gubernur Bank Indonesia, gubernur, bupati/walikota, DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, pejabat BUMN/BUMD, para penegak hokum (polisi, jaksa, hakim, pengacara/advokat),  konglomerat, serta petinggi partai yang melanggar sumpah/janji jabatan untuk menumpuk harta kekayaan. Tindakan menghalalkan segala cara menghantarkan mereka ke hotel prodeo atau penjara dengan predikat ‘tikus-tikus’ negara serta sampah masyarakat, dan  di sapa, si keong…!!! yang bermakna merendahkan harkat martabatnya. Bila demikian, apa arti dan makna harta kekayaan yang dimiliki seseorang kalau harkat dan martabat kemanusiaannya telah disetarakan dengan keong, tikus dan sampah ditengah-tengah masyarakat. Bukankah harkat, martabat kemanusiaan yang membedakan manusia dengan keong, tikus, hama wereng, belalang, dan lain-lain yang mendapat sumpah serapah dari masyarakat. 
Filosofi atau pandangan hidup akan mempengaruhi pola pikir dan pola tindak sehingga setiap makhluk mempunyai perbedaan satu sama lain. Manusia di atas jagat raya ini juga mempunyai pandangan hidup berbeda-beda. Karena itu pula lah satu bangsa dengan bangsa lain mempunyai pandangan hidup masing-masing. Ada pandangan hidup seseorang bagaimana menumpuk harta kekayaan, menimba ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) setinggi-tingginya, mendapatkan jabatan atau kekuasaan setinggi-tingginya, dan lain-lain. Akan tetapi, apapun pandangan hidup hendaknya diwujudkan melalui cara-cara elegan, bukan menghalalkan segala cara agar capaian prestasi dan prestise itu bermanfaat untuk kemaslahatan umat manusia, serta lingkungan di atas jagat raya ini. 
Trilogi Batak-Toba. 
Setiap manusia di atas bumi mempunyai pandangan hidup berbeda-beda, dan perbedaan pandangan hidup itu merupakan hal yang wajar-wajar saja seperti pepatah klasik mengatakan ‘rambut sama hitam pikiran bisa berbeda’ dan perbedaan serta kemajemukan itu merupakan pelangi kehidupan sangat indah. Demikian juga Batak-Toba mempunyai folosofi hidup antara lain mempunyai keturunan (hagabeon), harta kekayaan (hamoraon), kehormatan (hasangapon). Pandangan hidup itu adalah “Trilogi” hidup Batak-Toba sekaligus cita-cita yang ingin dicapai. Perwujudan “Trilogi” hidup Batak-Toba sadar atau tidak turut juga mempengaruhi pola pikir serta pola tindak dalam hidup sehari-hari Batak-Toba yang mungkin saja sangat jauh berbeda dengan bangsa-bangsa lain.
Trilogi hidup Batak-Toba tercermin di dalam pandangan hidup Dalihan Na Tolu (DNT) yang mengatakan, “Molo naeng ho gabe, somba marhula-hula. Molo naeng ho sangap, manat mardongan tubu. Molo naeng ho mamora, elek marboru” artinya, jika ingin berketurunan hormatlah terhadap hula-hula, jika ingin terhormat hati-hati terhadap dongan tubu, jika ingin kaya sayang terhadap boru”. Pandangan hidup seperti itu menjadi landasan dasar karakter moral Batak-Toba hormat, hati-hati, sayang atau pengayom di dalam interaksi sesama. Diluar karakter demikian tentu harus dimaknai penyimpangan karakter kolektif Batak-Toba yang diakibatkan inkulturasi maupun akulturasi. Sebab pergeseran nilai hakiki serta nilai luhur adat budaya tidak terlepas dari pengaruh inkulturasi maupun akulturasi.     
Berbagai analisis tentang filosofi Batak-Toba telah banyak dilakukan belakangan ini, dan analisis-analisis itu didasarkan dari berbagai sudut pandang pula. Ada analisis dari sudut pandang teologis, hukum, budaya, dan lain sebagainya. Akan tetapi, berbagai analisis itu hendaknya didasarkan pada dalil obyektif sehingga analisis itu tidak bersifat tendensius apalagi berbau menghakimi serta menegasi pandangan hidup Batak-Toba sebagai warisan budaya. Karena sebagai pandangan hidup Batak-Toba “Hagabeon, Hamoraon, Hasangapon” adalah cita-cita bersifat universal, bahkan bukan saja Batak-Toba bercita-cita demikian tetapi manusia-manusia hidup di atas jagat raya ini. Pandangan hidup adalah pilihan hidup sehingga satu bangsa dengan bangsa lain mempunyai pandangan hidup berbeda-beda. 
Keturunan (Hagabeon-red) adalah proses perpanjangan generasi dan salah satu dari tujuan perkawinan adalah supaya berketurunan. Arti penting keturunan (hagabeon) yang menjadi salah satu filosofi Batak-Toba adalah cita-cita sangat manusiawi walau dalam kenyataannya tidak semua perkawinan dikaruniai keturunan. Sebab ungkapan Batak-Toba mengatakan “Tu ginjang ninna porda tu toru pambarbaran, Tu ginjang ninna roha patoruhon do sibaran” dalam terjemahan bebas keinginan boleh tinggi tetapi suratan tangan atau takdir tidak mendukung. Karena hidup  “ Ndada si manuk-manuk sibontar andora, ndada si todo turpuk si ahut lomo ni roha” maksudnya, hidup tidak bisa tergantung keinginan semata tetapi sesuai kehendak Sang Khalik. Semua boleh bercita-cita tapi cita-cita itu tidak terlepas dari Tuhan pencipta semesta alam. 
Keturunan (Hagabeon-red) tidak semata-mata atas kehendak manusia tapi atas kehendak Tuhan Yang Mahakuasa sehingga pandangan hidup Batak-Toba Hagabeon bukan semata-mata didasarkan ego centris Batak-Toba melainkan cita-cita hakiki untuk memperpanjang regenerasi atau silsilah (Tarombo-red) secara berkelanjutan. Cita-cita demikian tentu wajar serta manusiawi sehingga tidak perlu ditafsirkan negatif sebab tafsir seperti itu sangat tendensius dan menyudutkan Batak-Toba secara tidak langsung.
Sebagai pandangan hidup “Hagabeon” adalah cita-cita luhur dari perkawinan Batak-Toba melanjutkan regenerasi alamiah sebagaimana sabda Sang Khalik terhadap manusia untuk mengisi semesta alam yang diciptakannya. Pemahaman hakiki atas kehendak Tuhan tidak boleh ditafsirkan menyimpang agar tafsir-tafsir tentang “Hagabeon” tidak bersifat tendensius serta penyesatan logika yang bisa merusak keluhuran filosofi Batak-Toba tentang makna sejati “Hagabeon”. Fenomena yang terjadi pada era belakangan ini adalah kecenderungan interpretasi bersifat subyektivitas serta menegasi nilai-nilai luhur melalui justifikasi-justifikasi subyektif demi kepentingan tertentu. Hal itu, tentu amat sangat keliru sebab bisa mendegradasikan nilai luhur budaya secara kolektif. Siapa pun manusia di dunia ini yang melangsungkan perkawinan cita-citanya adalah mempunyai keturunan, tapi tidak semua perkawinan dikaruniai keturunan seperti ungkapan klasik Batak-Toba mengatakan “Ndada simanuk-manuk si bontar andora, Ndada sitodo turpuk siahut lomo ni roha” sebab takdir (turpuk-red) seseorang telah ditentukan Sang Pencipta. 
Kaya (Hamoraon-red) adalah cita-cita sangat manusiawi dan setiap manusia waras dan kaya adalah impian setiap orang dalam hidupnya. Akan tetapi, mencapai harta dan kekayaan itu hendaknya diperoleh dari cara atau jalan yang baik dan benar. Jangan menghalalkan segala cara sebab cara-cara demikian sangat tidak dibenarkan Batak-Toba sebagaimana ungkapan klasik mengatakan, “Ndang jadi panganon sian balik ni rere” artinya, tidak boleh memperoleh sesuatu dari jalan yang tidak benar. Karena itu, perilaku korup serta menghalalkan segala cara untuk memperoleh harta kekayaan sangat bertolak belakang dengan filosofi Batak-Toba. Ingkon torang songon mataniari, rondang songon matanibulan” artinya, harus jelas darimana sumber atau asal-usul harta kekayaan tersebut. 
Pandangan hidup Batak-Toba tentang “Hamoraon” yakni “molo naeng ho mamora, elek ma ho marboru” adalah suatu ikhtiar yang mengharuskan Batak-Toba agar selalu memiliki kasih sayang, pengayom terhadap pihak lain, khususnya terhadap kelompok boru sebagaimana ungkapan klasik mengatakan, “Durung do boru, tomburon hula-hula” artinya, bila boru memperoleh mata pencaharian yang baik ataupun mempunyai harta kekayaan maka hula-hula pada komunitas Batak-Toba berhak untuk meminta kepada borunya. Dan boru pun menyadari hal itu merupakan berkat doa dari hula-hulanya seperti ungkapan mengatakan, “songon na mandanggurhon batu tu dolok-dolok do mangalehon tu hula-hula” maksudnya adalah pemberian kepada hula-hula tidaklah sia-sia tapi mendatangkan rezeki yang lebih besar dikemudian hari. Karena itulah bagi Batak-Toba boru menjadi andalan utama pengumpulan donasi (tumpak-red) bila ada perhelatan (ulaon-red) keluarga. Kemudian diakhir hidup seseorang orang tua laki-laki atau perempuan (bere/boru) dilaksanakan “Ungkap Hombung” untuk meminta sebahagian mata pencaharian atau harta kekayaan bere atau borunya. Dan hal itu merupakan hak dan kewajiban adat budaya Batak-Toba. 
Pada Batak-Toba boru juga meyakini bahwa capaian kesuksesan harta kekayaan yang dimiliki tidak terlepas dari berkat doa hula-hula sebagaimana ungkapan mengatakan, “Ni durung si tuma mangihut pora-pora, tanging ni hula-hula na pogos boi do jadi mamora” artinya, berkat doa hula-hula terhadap borunya yang miskin bisa jadi kaya raya. Karena itu, memberi atau memenuhi permintaan hula-hula mendatangkan rezeki dikemudian hari. Ini adalah pandangan hakiki  adat budaya Batak-Toba yang dipertahankan serta dilestarikan dari generasi ke generasi. 
Kehormatan (Hasangapon-red) adalah cita-cita manusiawi dari setiap insan manusia di atas planet ini sehingga bukan saja Batak-Toba yang memiliki pandangan hidup seperti itu. Titik kulminasi capaian manusia dalam hidup adalah menggapai prestasi dan prestise sehingga setiap manusia selalu beraksioma, berikhtiar untuk mencapainya. Walau demikian upaya-upaya untuk mencapai kehormatan (Hasangapon-red) hendaknya diperoleh melalui cara-cara yang baik dan benar. Bukan menghalalkan segala cara sebab cara-cara seperti itu tidaklah elegan   bahkan bisa menimbulkan aib dikemudian hari. 
Kehormatan (Hasangapon-red) adalah prestise ditengah-tengah masyarakat melalui capaian Hagabeon, Hamoraon maupun tingkat intelektualitas, jabatan, dan lain sebagainya. Salah satu hal istimewa dari Batak-Toba adalah kegigihannya menyekolahkan anak sebagaimana lirik lagu “Anakhonhi di hamoraon di au” karya komponis besar almarhum Nahum Situmorang yang menginspirasi Batak-Toba menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta berbagai status sosial di era kemajuan Iptek belakangan ini. Kemauan kuat menyekolahkan anak hingga strata setinggi-tingginya menjadikan Batak-Toba salah satu contoh tauladan bagi komunitas-komunitas lain di kancah nasional maupun internasional sekalipun tanah leluhur atau bona pasogit Batak-Toba masih menyandang predikat “Peta Kemiskinan”. 
Ungkapan klasik “Molo naeng ho sangap, manat ma ho mardongan tubu” mengilhami segenap generasi Batak-Toba supaya selalu berhati-hati dalam pola pikir dan pola tindak hidup sehari-hari. Kearifan lokal “Ni langka tu jolo tinailihon tu pudi” adalah salah satu landasan karakter selalu hati-hati, waspada, serta tidak boleh bertindak semena-mena. Setiap tindakan yang dilakukan harus dipertimbangkan matang berserta efeknya dikemudian hari. Segala sesuatu harus diperhitungkan dengan baik dan benar sebelum mengambil keputusan sebagai wujud nyata sikap hati-hati (manat-red) Batak-Toba. 
  Capaian prestasi  dan/atau prestise yang didasarkan “Trilogi” Batak-Toba  harus dimaknai positif serta bersifat universal walau dalam penyebutan berbeda dengan “Hagabeon, Hamoraon, Hasangapon”. Sebagai cita-cita tentu tidak selamanya harus tercapai sebab manusia memiliki kemampuan terbatas sehingga tidak semua manusia, khususnya Batak-Toba memperoleh “Hagabeon, Hamoraon, Hasangapon” dalam hidup. Karena itu, Trilogi Batak-Toba harus diketahui, dipahami secara paripurna agar multitafsir bersifat tendensius dapat dihindari yang tidak mustahil mendegradasikan nilai hakiki “hagabeon, hamoraon, hasangapon” itu sendiri. 
Trilogi Batak-Toba adalah konsep besar kehidupan warisan para leluhur bersifat normatif, obyektif, serta universal karena siapa pun manusia diatas planet ini bila melangsungkan perkawinan tentu bercita-cita punya keturunan (hagabeon), bekerja keras dan berusaha bercita-cita punya harta kekayaan (hamoraon), berupaya mencapai status sosial atau kedudukan bercita-cita menjadi orang terhormat (hasangapon) ditengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa maupun bernegara. Demikian halnya Proklamator Negara Republik Indonesia Bung Karno dengan konsep besar TRI SAKTI yakni “Berdaulat dalam politik, berkepribadian  dalam kebudayaan, berdikari dalam ekonomi” adalah pandangan hidup bangsa yang seharusnya dilaksanakan agar bangsa ini berdaulat serta berwibawa di mata bangsa-bangsa di dunia. Bila ditarik korelasi antara Trilogi Batak-Toba dengan TRI SAKTI Bung Karno akan tergambar korelasi serta relevansi antara kedua konsep besar kehidupan tersebut walau dalam tata urutannya tidak otentik. Berdaulat dalam politik adalah kehormatan (hasangapon-red) suatu bangsa ditataran pergaulan bangsa-bangsa di dunia. Berkepribadian dalam kebudayaan adalah kemampuan mempertahankan, melestarikan adat budaya serta karakter jati diri dari generasi ke generasi berikutnya (hagabeon-red) sebab proses regenerasi alamiah harus dipersiapkan dengan baik dan benar karena tidak mustahil akan terjadi generasi hilang (loss generation) atau melahirkan generasi tak berjati diri. Berdiri diatas kaki sendiri (Berdikari) di dalam ekonomi adalah kemandirian dan kedaulatan dalam ekonomi (hamoraon-red) sebab kemakmuran dan kesejahteraan salah satu tujuan mendirikan negara-bangsa Indonesia sebagaimana termaktub pada Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. 
Pemutarbalikan, penyesatan serta pembelokan logika terhadap konsep besar kehidupan melalui berbagai postulat-postulat dangkal telah merusak pemahaman hakiki terhadap nilai-nilai luhur warisan bangsa. Akibatnya, nilai-nilai luhur adat budaya bangsa yang tersebar di bumi Nusantara tercaplok hedonisme, individualisme, konsumtivisme, egoisme, anarkhisme  yang sama sekali tidak sesuai karakter bangsa Indonesia. Pandangan hidup bangsa menjadi kompas, arah sekaligus cita-cita yang ingin diwujudkan dalam hidup manusia. Pandangan hidup itu juga berfungsi untuk mengevaluasi berhasil tidaknya perjalanan suatu bangsa. 
Sebagai konsep besar kehidupan “hagabeon, hamoraon, hasangapon” hendaknya dilihat dari kacamata positif, bukan dari sisi pandang negatif serta tendensius sebab pandangan demikian akan menciderai arti dan makna luhur pandangan hidup Batak-Toba, padahal “hagabeon, hamoraon, hasangapon” adalah cita-cita yang tidak saja cita-cita Batak-Toba tapi seluruh manusia diatas bumi ini. Oleh sebab itu,  pihak-pihak yang selama ini menuding bahwa Trilogi Batak-Toba adalah cerminan kesombongan, keangkuhan Batak-Toba perlu menyadari bahwa “hagabeon, hamoraon, hasangapon” adalah cita-cita manusia diatas jagat raya ini. Salah satu cuplikan lirik lagu “Marragam-ragam do anggo sita-sita ni hita manisia, marasing-asing do anggo pangidoan di ganup-ganup jolma. Hamoraon, hagabeon, hasangapon ido dilului nadeba”, artinya bermacam-macam cita-cita manusia di dunia ini ada bercita-cita kaya raya, berketurunan, terhormat, dan lain sebagainya. Sebagai cita-cita tentu tidak otomatis terwujud sebab “Tu ginjang ninna porda tu toru pambarbaran, Tu ginjang ninna roha patoruhon do sibaran” maksudnya cita-cita dan impian ingin hebat tapi suratan tangan dan takdir (gurat-gurat ni tangan dohot turpuk-red) berkata sebaliknya. Siapakah manusia di dunia ini sanggup mengubah takdirnya sendiri ? sebab Tuhan telah menentukan takdir seseorang dalam hidupnya, hanya saja manusia tidak mampu mengetahui takdirnya. 
Sekaitan dengan “Filosofi Keong” sebagaimana judul tulisan ini adalah suatu perbandingan pandangan hidup yang hanya menonjolkan penumpukan harta kekayaan sebagai motif hidup sehingga segala tindak-tanduknya semata-mata diarahkan untuk penumpukan harta kekayaan termasuk menghalalkan segala cara. Pandangan hidup seperti ini sangat tidak sesuai dengan Trilogi Batak-Toba “hagabeon, hamoraon, hasangapon” yang dilandasi keluhuran karakter. Salah satu kearifan lokal Batak-Toba “Tumagon do mamora di roha marpogos di arta, unang apala mamora di arta marpogos di roha” artinya, jauh lebih baik kaya karakter moral miskin harta, daripada kaya harta miskin karakter moral. Hal itu menunjukkan bahwa muara dari Trilogi Batak-Toba membangun keluhuran karakter moral dan jati diri seseorang ditengah-tengah masyarakat, bangsa maupun negara. 
Manusia yang memiliki sifat seperti “keong” tidak segan-segan melakukan pengkhianatan, pelacuran diri demi mendapatkan sesuatu (harta, jabatan) di dalam hidupnya sehingga sering disebut “si keong”. Sebutan si keong terhadap seseorang menunjukkan karakter buruk yang mau memperhambakan diri terhadap materi atau harta sebab bagi dirinya tujuan hidup tiada lain selain harta kekayaan. Dan demi mewujudkan motif hidup menghalalkan segala cara, termasuk melacurkan diri tidak jadi soal. Padahal harkat kemanusiaan jauh lebih tinggi daripada harta kekayaan dalam bentuk apapun. Manusia yang selalu menonjolkan kepentingan atau kehendaknya sama dengan “keong” yang tidak mampu melepaskan diri dari rumah atau hartanya. Sedangkan manusia seutuhnya mampu menerima keberadaannya walau dalam keadaan apapun juga. 
                                                                                                          Medan, 17 Juni 2013
                                                                                                         Thomson Hutasoit. 
       
  
  
          
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar